Pages

Sabtu, 30 November 2013

Bab 5 - Manajemen Dan Organisasi

MANAJEMEN
Manajemen adalah proses merencanakan,mengorganisasikan,memimpin,dan mengendalikan pekerjaan anggota organisasi dan menggunakan semua sumberdaya organisasi untuk mencapai sasaran organisasi yang telah ditentukan.

LATAR BELAKANG SEJARAH MANAJEMEN
Pada tahun 1776,Adam Smith menerbitkan doktrin ekonomi klasik “The Wealth Of Nation”.Yaitu keuntungn ekonomis yang akan diperoleh organisasi dan masyarakat dengan cara pembagian kerja,meningkatkan produktifitas dengan meningkatkan keterampilan,dengan menghemat waktu dan dengan menciptakan mesin-mesin guna menghemat tenaga kerja.

FUNGSI DAN PROSES MANAJEMEN

1.     Perencanaan (planning) adalah memikirkan apa yang akan dikerjakan dengan sumber yang dimiliki. Perencanaan dilakukan untuk menentukan tujuan perusahaan secara keseluruhan dan cara terbaik untuk memenuhi tujuan itu.

2.     Pengorganisasian (organizing) dilakukan dengan tujuan membagi suatu kegiatan besar menjadi kegiatan-kegiatan yang lebih kecil. Pengorganisasian mempermudah manajer dalam melakukan pengawasan dan menentukan orang yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas-tugas yang telah dibagi-bagi tersebut.

3.     Pengarahan (directing)adalah suatu tindakan untuk mengusahakan agar semua anggota kelompok berusaha untuk mencapai sasaran sesuai dengan perencanaan manajerial dan usaha.

KETERAMPILAN MANAJEMEN YANG DIBUTUHKAN
Keterampilan manajemen yang dibutuhkan dalam pengorganisasian adalah kemempuan konseptual.Yaitu kemampuan untuk mengkoordinasikan dan memadukan semua kepentingan dan kegiatan organisasi.

ORGANISASI
Organisasi merupakan poroses untuk merancang struktur  formal,mengelompokkan dan mengatur serta memebagi tugas diantara para anggota untuk mencapai tujuan.

1.    Organisasi garis
Merupakan bentuk organisasi yang paling tertua dan sederhana,diciptakan oleh HENRY FAYOL.ciri-ciri bentuk organisasi ini yaitu organisasinya masih kecil.jumlah karyawannya sedikit dan saling mengenal serta spesialisasi kerja belum tinggi.

2.    Organisasi garis dan staff
Dianut oleh organisasi besar,daerah kerjanya luas mempinyai bidang tugas yang beraneka ragam serta rumit dan jumlah karyawannya banyak.

3.    Organisasi fungsional
Organisasi yang disusun berdasarkan fungsi yang harus dilaksanakan.Organisasi ini dipakai pada perusahaan yang pembagian tugasnya dapat dibedakan dengan jelas.

4.    Organisasi panitia
Organisasi yang dibentuk hanya untuk sementara waktu saja,setelah tugas selesai maka selesailah organisasi tersebut.

PRINSIP-PRINSIP ORGANISASI
Menurut mark weber
  • Adanya pembagian kerja yang jelas
  • Hirarki wewenag dirumuskan secara jelas
  • Organisasi mempunyai program rasional dalm pencapaian tujuan yang tidak berdasarkan cita-cita
  • System prosedur untuk penanganan situasi kerja,dimana prosedur ini sudah ada dan tertulis,dimana setiap orang melakukan kegiatan yang sama.
  • System aturan yang mencakup hak dan kewajiban bagi pemegang saham
  • Hubungan antar pribadi impersonal yang tidak didasarkan pada subyektivitas atau ada pemisahan antara urusanpribadi dan dinas.
SEBAB KEBERHASILAN DAN KEGAGALAN ORGANISASI
Sebab keberhasilan :
  • Rasa solidaritas yang tinggi dari para anggotanya.
  • Manajemen yang baik dari para penggurusnya
  • Kesamaan tujuan membuat kekompakkan di para anggotanya
  • Rasa tanggung jawab yang besar
  • Motivasi yang tinggi untuk kemajuan organisasi
  • Wewenang yang dapat diterima dengan baik
  • Kedisiplinan anggota
  • Pembagian tugas yang sama rata
Sebab kegagalan :
  • Kepemimpinan yang otoriter
  • Wewenag yang tidak jelas
  • Kepemimpinan yang tidak transparansi
  • Perpecahan kelompok dalam organisasi
  • Keputusan sepihak yang diambil oleh pimpinan terkadang terasa tidak adil bagi anggota
  • Kurangnya komitmen dari para anggotanya

0 komentar:

Posting Komentar